PPDBnews - Bagaimana Penerimaan Siswa Baru 2013

Share this history on :
Pratinjau

SMAN Plus Provinsi Riau kembali membuka kesempatan untuk menerima siswa baru pada tahun ajaran 2013/2014. Seperti biasanya, PSB kali ini dilakukan dengan sistem seleksi dalam berbagai tahap dan berbagai aspek.

Tahapan-tahapan seleksi tersebut yaitu, seleksi administrasi, seleksi akademik, dan tes psikotes, pemeriksaan kesehatan, wawancara dan tes kemampuan bahasa Inggris. Dalam hal ini dibagi menjadi 3 tahap dan perlu diketahui bahwasanya dalam PSB akan dilaksanakan sistem gugur, artinya, peserta yang tidak lulus pada satu tahap seleksi, tidak diperkenankan mengikuti seleksi selanjutnya.

Untuk pendaftaran dibuka mulai tanggal 21 Januari sampai 23 Februari 2013. Peserta diwajibkan mengirimkan berkas persyaratan dan formulir pendaftaran ke panitia PSB. Nah, seleksi administrasi adalah tahap selanjutnya, seleksi ini bertujuan untuk menyeleksi berkas-berkas yang dikirim oleh peserta dan memperhatikan bibit, bebet, serta bobot dari perserta. Seleksi ini berlangsung pada tanggal 28 Januari sampai dengan 11 Maret 2013, setelah itu info mengenai peserta yang lulus akan diumumkan pada tanggal 20 Maret 2013. Informasinya dapat dilihat di kantor Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota masing-masing dan Website SMAN Plus Provinsi Riau.

Bagi perserta yang lulus seleksi administrasi ini, berhak mengikuti tahap selanjutnya, yaitu seleksi akademis. Seleksi akademis akan dilaksanakan pada tanggal 7 April 2013, dan dimulai pukul 08.00 WIB sampai dengan selesai. Seleksi akademis ini dilaksanakan di SMAN 1 Kabupaten/Kota masing-masing dan khusus Kota Pekanbaru, dilaksanakan di Kampus SMAN Plus Provinsi Riau.

Nah, ada sedikit bocoran bagi peserta PSB, seleksi akademis mencakup pelajaran MIPA, Bahasa Indonesia serta Bahasa Inggris dan IPS.

Pengumuman tes akademis ini dapat dilihat pada tanggal 18 April 2013. Informasinya dapat dilihat di kantor Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota masing-masing, harian Riau Pos, dan Website SMAN Plus Provinsi Riau.

Bagi peserta yang sudah lulus seleksi akademis, berhak melanjutkan tahap selanjutnya, yakni Tes Fisik, Psikotes, Pemeriksaan Kesehatan, Wawancara dan Tes kemampuan Bahasa Inggris. Tes ini nantinya akan dilaksanakan di kampus SMAN Plus Provinsi Riau.

Teknis pelaksanaannya, tes akan diadakan pada tanggal 1 sampai 4 Mei 2013, dan ingat, kalo gak ikut tes ini bakal gugur loh, karena tidak ada tes susulan. Jadi persiapkan kesehatan terutama fisik diri kamu. Nantinya seluruh peserta yang mengikuti tahap terkahir ini akan dibagi menjadi tiga kelompok. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pembagian waktu tes agar tidak berjalan lama.

Untuk tes fisik dan kesehatan tidak berbeda dengan tahun lalu, tes fisik masih menggunakan sistem lari 4 keliling lapangan sepakbola. Sedangkan tes kesehatan meliputi tinggi tubuh, berat badan, takanan darah, penglihatan, dan pemeriksaan potensi penyakit menular. Dan untuk ketinggian, tidak perlu terlalu dikhawatirkan, karena kemampuan akademis akan lebih mempengaruhi dibanding fisik.

Selanjutnya tes psikotes yang bertujuan untuk menilai IQ dan EQ yang dimiliki oleh peserta. Hal ini sangat penting karena faktor emosional juga sangat dipertimbangkan. SMAN Plus Provinsi Riau mewajibkan seluruh siswanya untuk tinggal di asrama, dan tentunya harus dengan faktor emosional yang baik dan mendukung. Nantinya psikotes akan diadakan oleh lembaga khusus yang sudah terpercaya memiliki lisensi dari pemerintah.

Nah, yang terakhir tes wawancara dan kemampuan bahasa Inggris. Nantinya ini akan diadakan pada waktu yang berbeda. Kemampuan bahasa inggris peserta akan diuji melalui tanya jawab antara  peserta dan guru bahasa Inggris yang dimiliki kampus SMAN Plus. Dan tes wawancara merupakan interview dalam bahasa Indonesia mengenai motivasi si peserta untuk masuk ke SMAN Plus.

Itulah semua rangkaian tes yang harus kamu hadapi sebelum bergabung di Kampus Plus. Informasi kelulusan pada tanggal 23 Mei 2013 dapat dilihat di Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota masing-masing, Harian Riau Pos, dan Website SMAN Plus Propinsi Riau. (Kir_org)